Rabu, 23 November 2016

HUNTING SD DI SPUTARAN JAKTIM-BEKASI

Hunting Skolah bikin si kecil cukup bikin galau. Ingin yang terbaik tapi dengan harga terjangkaunamun lokasi dekat rumah. Ketemu ? ada sih tapi....Let's Find Out!!
I have searching and survei some school that suitable to my requirements. Syaratnya bilingual or international, Fasilitas,  lokasi dekat rumah, tidak terlau berat kurikulumnya (kalo bisa pake montessori or active learning), n last but not least, islamic value n terjangkau. Nah dari semua persyaratan itu, berikut sekolah yang sudah saya incer survei dan niat daftarin:

Nizamia Andalusia.

Suka Konsepnya, fasilitasnya dan lokasinya plus islamic value. check list reviview:
  1. Bilingual, Bahasa pengantar Inggris-Indonesia. Ada Cambridge exams nya juga.
  2. Fasilitas. Fasilitasnya lumayan lengkap. Ada kolam renang, lapangan or, multipurposeroom, music room, locker, dll 
  3. Lokasi di Bambu Apus.  Hmm deket boo, biarpun tak ada jemputan sekolah door to door tapi lokasi yang cuma dalam hitungan menit membuat q jatuh hati sama sekolah ini.
  4. Kurikulum. Ini juga penting, menggunakan pendekatan active learning, anak tidak dibebankan pelajaran yang terlalu berat. PR tidak ada sampe kelas 3 Sd dan yang paling penting status legalitas Sekolahnya setelah ceki2 SD Nizamia status nya terakreditasi A. 
  5. Islamic value. Skul ini memang basicnya Islam, waktu open house principal SMP nya mengatakan target lulusan SDnya adalah hapal beberapa jus terakhir dalam alquran (saya lupa jusa berapa kalo tidak salah 3 jus terkhir yang isinya ayat2 pendek). 
  6. Biaya. Ini yang paling penting. Totalnya untuk tahun ajaran 2017 yaitu 38-39 juta.  Lalu spp bulananya sekitar 2,1 jt perbulan. Uang tahunan sekitar 3,5 jutaan kurang lebih. Maafan kalo lebih ato kurang2 dikit karena banyaknya sekolah yg di survei jadi ketuker2 nih memory ttg biaya ( glek).
  7. Eskul: Eskulnya ada banyak, ada menari, renang, iqro, archery, gambar dll(lupa detailnya)
Putik
Cocok banget dengan konsep yang dianut putik. Apalagi SD nya bilingual nga full bahasa kayak TKnya. Plusnya lagi lokasinya sangat dekat dengan rumah lebih dekat dari ke nizamia.  Langsung ceki2 dah telp dulu baru survey langsung. Tapi baru nelp sudah di bikin kecewa sama cara petugas yang terima telp yang tidak mau menjelaskan lewat telp mengenai prosedur sistem dan biaya sd putik. Mereka bilang langsung ke lokasi saja ya bun (glek). Meskipun dekat, sebagai working mom yang lokasi kantornya jauuuuuuh bgt dari rumah, PR banget buat nyari waktu buat survei2 awal. Maksud eike kalo da cucok printil2an nya baru eike survei ke lokasi gitu. Lah ini baru mo nanya printilan da disuruh cus langsung.... But, karena penasaran tetap eike datangi tuh skul namun tetap ya usaha biar nga ngambil jam kerja mengunjungi di hari sabtu dan ternyata bisa sih nanya2 hari sabtu.,, tapi...Ketika saya datangin nih sekul, lah petugas piket yg jaga adm roomnya nga tahu apa2, ditanya kurikulum nga tahu, nanya biaya nga tahu, katanya marketingnya libur kalo sabtu, dia cuma piket doank. Lah trus dia ngapain piket kalo nga tahu apa2? ???Dia cuma bilang bunda isi buku tamu saja terus minta di jadwalin orintasi nanti di telp sama putik. Yaelah.. kalo gini ma lewat telp aja keles, nyapek2in aja.
Akhirnya karena penasaran sama nih skl jadilah anakq di jadwalin orientasi. Orientasi itu semacam observasi trial yaitu ngikutin kelas yang lagi jalan seharian dari mulai masuk ampe kelar. Dan enk ink eng... ini nih pas anak da masuk lagi di kelas nih langsung eike ditodong buat bayar orientasi 200 rb aja. Nah ini nih sbenarnya yang mau eike tanya printilan 2 sebelum survei dan sebagainya., gmn proses pendaftaran ada tes nga terus biaya berapa, nah kalo cocok baru daftar buat tes. Lah ini ujuk2 langsung disuruh tes, kirain gratis nga tahunya disuruh bayar sodara2 setelah anak masuk. Langsung down lah penilaian eiek ama nih skul.

ok mari kita cek lis kondisi nih skul:
  1. Bilingual, Bahasa pengantar Inggris-Indonesia. Tidak ada Cambridge exams.
  2. Fasilitas. Fasilitasnya jauh dari lengkap untuk skul yang biayanya 11-12 sma nizamia.Tidak ada library, tidak ada lapangan olahraga, tidak ada Ruang musik, tidak ada klinik, tidak ada ICT room, tdk ada lab, apalagi kolam renang, ada halaman di dalam sekolah yang tidak seberapa luas yang gabung dengan tknya shg kalo OR murid2nya seringnya OR di lap fustsal sekitar sekolah yang letaknya menyebarang jalan |(ngeri2 sedap ya buat anak kelas 1-2 SD harus nyebrang sekolah tiap mau OR), namun + nya snack dan lunch sudah disediakan dan itu include dalam spp bulanan jadi tidak bayar lagi, ada jemputannya juga.
  3. Lokasi hanya beberapa km dari rmh eike.Lebih dekat dari nizamia. 
  4. Kurikulum. Ini yang bikin eike penasaran. Sepertinya putik sangat personalnya, konsep pengajaran pake tema2, masing2 anak ditangani secara personal, suka sama metode pengajarannya pseperti mengadop montesori dan ala2 active learning gitu.  Yang paling penting status legalitas Sekolah ini setelah ceki2 SD Putik statusnya belum terakreditasi, menurut marketingnya status masih diakui karena mereka terkendala lahan sekolah yang terbatas(dalam hati : sudah saya duga). 
  5. Sekolah umum.
  6. Biaya. Ini yang paling penting. Marketingnya tidak mau menyebut jumlah pasti sebelum anak q selesai orientas karena menurutnya biaya tergantung hasil orientasi masing2 anak. Setelah orientasi total biaya yang harus dikeluarin bila dilunasi awal nov adlah 40 jutaan namun apabila dibayar lewat awalal no adala 49 juta (Fuih lumayan ya buat fasilitasyang seadanya  dan status sekolah yang belum akreditasi).  Lalu spp bulananya sekitar 2,4 jt perbulan. Tidak ada uang tahunan, lalu tidak ada biaya 2 lagi apabila ada kegiatan di sekolah seperti renang, filedtrip yang biayanya tidak mahal seprti museum  dsb. Namun kalo fieldtrip yang jauh dan mahal seprti ke taman safari tetap dikenai biaya.
  7. Eskul: Eskulnya ada banyak, ada silat, iqro, english club, futsal. 
Global Islamic School 
GIS  berada di urutan ke 3 dalam list saya semata2 hanya karena lokasinya paling jauh dibanding 2 sd di atas. Berikut checlist review nya:
  1. Bilingual, Bahasa pengantar Inggris-Indonesia. Tidak Ada Cambridge exams nya juga.
  2. Fasilitas. Fasilitasnya lumayan lengkap. Ada kolam renang, lapangan OR, multipurposeroom, music room, ICT room, lab, klinik, dll 
  3. Lokasi di Condet.  Hmm lumayan PR ya boo, ditambah katanya nih skul daerah macet trutama jam berangkat n pulang sekolah. Tapi, katanya sih ada  ada jemputan sekolah arah bambu apus, mudah2an setelah survei lokasi dari pihak jemputan bisa beneran di antar door to door ampe rumah.
  4. Kurikulum. Ini juga penting, kalo dari info di websitenya ada active learning, mudah2an tidak terlalu berat. Kata guru tknya anakku kekurangan GIS adalah muatan agama dan materi pelajarannya tidak sebanyak/seberat JIsc (kalo menurut ku ini mah justru poin plus buat GIS krn anak SD yg terlalu dibebanin dengan materi pelajaran yg terlalu berat supaya tidak males2an belajarnya. Statusnya akreditasi A.
  5. Islamic value. Skul ini memang basicnya Islam. Waktu survei, mbak2 yg di depan bilang anak2 ditargetin hapalan ayat2 pendek dan hadis yang harus disetor secara berkala. Lalu info di websitenya jaminan anak yg lulusan GIS khatam alquran.
  6. Biaya. Ini yang paling penting. Totalnya untuk tahun ajaran 2017 yaitu 32-37 juta.  Lalu spp bulananya sekitar 1,5-1-7 jt perbulan saya pake kisaran karena lupa flyer harganya ada di rumah. Uang tahunan sekitar 5,5 jutaan kurang lebih. Maafan kalo lebih ato kurang2 dikit karena banyaknya sekolah yg di survei jadi ketuker2 nih memory ttg biaya. 
  7. Eskul: Eskulnya ada banyak, ada menari, iqro, renang, gambar,  dll  (detail apa aja lupa pokkknya banyak).
Next...
Nassa
Sekolah Nasional Satu lengkapnya. Sekolahnya cukup luas, cukup lengkap juga fasilitasnya. Hanya karena bangunan agak lama jadi dari depan kayak bangunan tua gitu. 

Embun Pagi Islamic School

Sekolah Harapan Prestasi

Nabawi Islamic School

Global Prestasi School

Global Kids






1 komentar:

  1. Pagi bun...
    Akhirnya sekolah dimana ya anaknya?
    Sekolah embun pagi, dll sempet survei jug kah...?

    BalasHapus